Header Ads

Sekolah Tidak Menjamin Sukses (Deddy Corbuzier Motive)

Hidup kalian akan sukses jika kalian sekolah tinggi? Tidak. Juara di kelas, pintar di sekolah, selalu ranking 1, akan hidup sukses? Siapa yg mengatakan itu? Itu pernyataan yang salah, benar-benar salah.

Sekolah memang penting buat kita, of course. Tapi tidak ada satupun jaminan yang mengatakan kalau anda sekolah tinggi, kalau anda pintar di sekolah, lalu anda sukses? Tidak ada. 


Sekolah penting buat kita supaya anda bisa belajar berpikir dewasa, supaya pergaulan anda benar, dan bisa berbaur dengan teman yang baik di sekolah. Karena sekolah yang baik akan membuat tata cara anda berperilaku dan berpikir lebih baik lagi. Tapi itu semua jika lingkungan sekolahnya benar.  


Ada yg salah dengan sistem sekolah kita, terutama di Indonesia. Contohnya adalah Ujian Nasional. Semua orang yang menjabat berpikir bahwa Ujian Nasional itu benar, Ujian Nasional itu baik, Ujian Nasional harus ada. Tapi yang perlu kita sama-sama tau, bahwa yang mati bunuh diri sudah ada, yang stress sudah ada, yang pintar ga lulus, yang bodoh lulus, semua itu karena Ujian Nasional.


Banyak anak-anak yang diminta untuk bagus di semua mata pelajaran. Jadi harus bagus di Matematika, Fisika, B.Indonesia, B.Inggris, dan lain-lain. Gimana caranya? tidak mungkin mereka bisa bagus di semuanya. Pasti ada yang jelek, pasti ada yang nilainya merah, pasti ada yang mereka tidak bisa. Contoh : Memangnya guru MTK bisa Fisika? atau guru Biologi jago Seni Rupa? Tidak. Karna sama saja dengan mengumpulkan ayam, bebek, sapi, gajah untuk diajari memanjat pohon dengan baik dan benar.


Lebih-lebih lagi yang lucu, nilai Agama merah, tidak naik kelas. 

Pertanyaan saya sederhana, bagaimana caranya menilai agama seseorang dengan nilai ujian tertulis? Artinya jika ujian terlulis agama anda tidak bisa mengerjakannya, otomatis secara pribadi, agama anda jelek? Of course not. -DeddyC.
Jadi, kalau ada pelajaran kalian yang jelek/tidak bisa, yasudah. Tidak perlu stress, tidak perlu dipikirkan, its so normal. 
Saya ga naik kelas 2X, tetapi saya sangat sukses sekarang -DeddyC.
Tapi masalahnya sekarang adalah balik lagi ke orang tua kalian masing-masing. Orang tua kalian meminta kalian untuk pintar di sekolah, rajin di kelas, mengerjakan semua tugas, dan kalau bisa ranking 1 disekolah. Taukah anda? Mereka yang pintar-pintar disekolah, menurut survei kebanyakan 80% dari mereka akhirnya kerja di kantoran dan kerja dengan orang seumur hidup. Mungkin kebanyakan orang berpikir " Oke kerja sama orang aja, di gaji sama dia lebih baik ". 

Nah inilah yang salah, orang tua mendidik anaknya untuk belajar sesuatu yang mereka tidak suka, yang mereka tidak bisa, dan yang mereka nilainya jelek di pelajaran tersebut. Contoh : Kalau jelek Matematika, les Matematika. 

Jika saya tidak suka pelajaran tersebut mengapa di les-kan? Bukankah orang tua harus mendukung, melihat, meneliti, dan tau apa yang anaknya suka? Kenapa kalau saya sukanya Seni Rupa, dan jeleknya di Matematika, kenapa harus les Matematika? Kenapa saya ga di dukung Seni Rupa saya? -DeddyC.
Aska, saya les-kan bermacam-macam apa yang dia mau, apa yang dia suka, dan he is good now, really good now. Karena dia melakukan apa yang dia suka. -DeddyC.
Manusia punya jalan suksesnya masing-masing, jangan dipaksakan. Sukses tidak bisa dibentuk oleh orang tua.Sekarang, kita punya masalah. Jaman sekarang, banyak anak pintar, banyak anak sekolah tinggi tidak punya pekerjaan. 

Sekolah, belajar, bukan berarti harus hebat di segala bidang. Tapi kalian harus menemukan apa yang ada di dalam hati kalian, apa yang kalian benar-benar suka, apa yang kalian benar-benar mau, do it dan konsentrasi ke hal tersebut.


Karena hidup, dan sukses itu adalah ketika anda mengerjakan yang anda suka, you will be happy. Karena jaman sekarang, pendidikan ada dimana-mana. Karena dengan adanya internet, anda akan lebih mengetahui banyak hal yang mungkin guru anda tidak ketahui dan tidak bisa. Temukan apa jati diri kalian, temukan passion kalian, dan temukan siapa kalian. Karena dengan mengetahui jati diri kalian, dengan mengetahui apa yg kalian suka, that's a way to your success.
Diberdayakan oleh Blogger.